4 Fitur Darurat iPhone yang Wajib Kamu Ketahui

4 Fitur Darurat iPhone yang Wajib Kamu Ketahui

4 Fitur Darurat iPhone yang Wajib Kamu Ketahui

iPhone tidak hanya menawarkan kecanggihan teknologi untuk meningkatkan pengalaman penggunanya, tetapi juga dilengkapi dengan fitur- fitur darurat yang dapat menyelamatkan nyawa. 
 
Perangkat Apple termasuk di antara teknologi tercanggih. Teknologi ini tidak hanya membantu meningkatkan pengalaman pengguna perangkat, tetapi juga membantu dalam situasi kehidupan nyata. Kita telah mendengar beberapa cerita yang menceritakan bagaimana iPhone menyelamatkan nyawa pengguna. Tidak hanya iPhone, Apple juga telah mengintegrasikan fitur tersebut ke dalam Apple Watch. Apple meningkatkan fitur ini dengan setiap flagship barunya. 
 
Fitur- fitur ini termasuk deteksi jatuh, SOS darurat, deteksi detak jantung tinggi dan rendah, EKG, dan banyak lagi. Namun, fitur ini hanya dapat membantu Anda jika Anda tahu cara menggunakannya dengan benar. Jika fitur ini tidak diaktifkan, mereka tidak dapat membantu Anda. Dan meluangkan sedikit waktu untuk menghafal cara kerjanya bisa sangat berharga di masa depan. Dalam artikel ini, kita akan membahas empat fitur darurat iPhone dan iWatch yang berguna dalam skenario kehidupan nyata.

{getToc} $title={Table of Contents} 
 

SOS Darurat 

Dengan SOS Darurat, pengguna dapat dengan cepat dan mudah meminta bantuan dan memberi tahu kontak darurat. Saat melakukan panggilan ke SOS, iPhone secara otomatis menghubungi nomor darurat lokal dan membagikan lokasi Anda dengan layanan darurat. Meskipun aturannya berbeda untuk negara yang berbeda, di India, menekan tombol samping dengan cepat tiga kali akan membawa pengguna ke layanan darurat. 

 
Tetapi ada cara lain untuk melakukan panggilan darurat juga. Salah satu caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol samping dan tombol volume selama beberapa detik, lalu geser slider SOS Darurat ke kanan. Cara lain adalah dengan menekan dan menahan tombol samping dan tombol volume, terus tahan hingga hitungan mundur dimulai dan panggilan SOS dilakukan. 
 
Cara mengaktifkan 
  • Tekan tombol samping dengan cepat tiga kali. 
  • Tekan dan tahan tombol samping dan salah satu tombol volume, geser penggeser SOS Darurat ke kanan. 
  • Tekan dan tahan tombol samping dan salah satu tombol volume hingga hitungan mundur berakhir. 
  • Fitur tambahan 
 
 iPhone akan secara otomatis menghubungi nomor darurat lokal dan membagikan lokasi Anda. 
 Pengguna dapat mengatur kontak darurat yang akan diberitahu saat SOS Darurat diaktifkan. 
 

Deteksi Kecelakaan 

Panggilan darurat otomatis setelah perangkat Anda mendeteksi kecelakaan didukung dengan iPhone 14 dan yang lebih baru, Apple Watch Seri 8 dan yang lebih baru, Apple Watch SE generasi ke- 2, dan Apple Watch Ultra dan yang lebih baru. Apple mendeskripsikan fitur ini sebagai, jika Anda mengalami kecelakaan mobil, iPhone dan Apple Watch dapat secara otomatis menghubungi layanan darurat. Perangkat Anda akan memulai hitungan mundur dan membunyikan alarm sebelum panggilan. Namun, iPhone dan Apple Watch tidak dapat mendeteksi semua kecelakaan. 
 
Tersedia di iPhone 14 dan versi lebih baru, Apple Watch Series 8 dan versi lebih baru, Apple Watch SE word 2, dan Apple Watch Ultra dan versi lebih baru. 

Cara kerja 
  • iPhone dan Apple Watch akan mendeteksi perubahan gerakan dan suara yang terkait dengan kecelakaan mobil. 
  • Jika kecelakaan terdeteksi, perangkat akan memulai hitungan mundur dan membunyikan alarm sebelum menghubungi layanan darurat. 
  • Pengguna dapat membatalkan panggilan darurat selama hitungan mundur. 
 

Kontak Darurat 

Selain layanan darurat, pengguna juga dapat mengatur kontak darurat. Untuk mengatur atau memperbarui kontak darurat, buka Pengaturan, cari SOS Darurat. Di sini pengguna akan menemukan opsi untuk Edit Kontak Darurat di tombol Kesehatan. Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi Kesehatan. Ketuk profil Anda di kanan atas, sebuah jendela akan terbuka menampilkan ID Medis. Dengan mengklik opsi ini, pengguna dapat mengedit atau menambahkan kontak darurat. 

 
Perlu dicatat, ketika panggilan SOS Darurat dilakukan, iPhone atau Apple Watch juga akan mengirimkan pesan ke kontak darurat yang ditunjuk. 
 
Cara Mengaktifkan
  • Buka Pengaturan> SOS Darurat. 
  • Pilih Edit Kontak Darurat. 
  • Tambahkan kontak dari daftar kontak Anda atau masukkan informasi kontak baru. 
 

SOS Darurat via Satelit 

Apple juga menawarkan fitur untuk mengatasi keadaan darurat di dunia nyata melalui satelit. Seperti Deteksi Kecelakaan, SOS Darurat via Satelit memerlukan iPhone 14 atau 15. Keuntungannya di sini adalah meskipun Anda tidak memiliki koneksi seluler atau WiFi, Anda tetap bisa mendapatkan bantuan untuk pesan darurat. Apple mengizinkan Anda untuk mencoba rally untuk menguji penggunaan fitur ini sehingga Anda terbiasa dengannya sebelum membutuhkannya dalam skenario kehidupan nyata. 
 
Cara Mengaktifkan
  • Buka aplikasi SOS Darurat. 
  • Pilih Kirim SOS via Satelit. 
  • Ikuti petunjuk di layar untuk mengirim pesan SOS Anda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama