Panduan Lengkap, Cara Mengatasi Layar Hitam PS5

Panduan Lengkap, Cara Mengatasi Layar Hitam PS5

Panduan Lengkap, Cara Mengatasi Layar Hitam PS5

Masalah layar hitam di PS5 bisa sangat mengganggu saat Kamu sedang asyik bermain game. Layar bisa tiba-tiba menjadi hitam, baik saat Kamu sedang berada di tengah sesi permainan yang intens atau bersiap untuk memulai petualangan sinematik. Gangguan ini tentu saja dapat merusak pengalaman bermain Kamu.

Tenang, jangan khawatir! Kami telah menyiapkan daftar langkah-langkah pemecahan masalah dasar dan solusi lanjutan untuk membantu Kamu mengatasi berbagai kemungkinan penyebab masalah layar hitam PS5.

Perlu diketahui: Jika Kamu memiliki konsol PS4 dengan masalah yang sama, lihat panduan terperinci kami tentang cara memperbaiki masalah layar hitam Playstation 4.

{getToc} $title={Table of Contents}

Mengapa Layar Hitam Muncul di PS5?

Sayangnya, tidak ada penyebab tunggal untuk masalah Layar Hitam pada konsol PS5.  Namun, kabar baiknya, pemecahan masalah dan perbaikannya bisa dilakukan dengan cukup mudah.  Setelah Kamu menemukan sumber masalahnya, apakah di TV atau konsol, Kamu dapat mulai memperbaikinya.


Berikut adalah daftar singkat penyebab Layar Hitam PS5 yang paling umum:
  • Sambungan HDMI antara TV dan konsol PS5 terputus. Biasanya ini terjadi karena kabel yang longgar atau rusak.
  • Konsol menampilkan game pada resolusi yang lebih tinggi daripada yang didukung oleh model TV Kamu.
  • Masalah perangkat lunak PlayStation 5 juga dapat menyebabkan Layar Hitam. Perangkat lunak tersebut bisa saja kedaluwarsa, atau tidak kompatibel dengan perangkat lunak TV Kamu.
  • Demikian pula, masalah perangkat keras perangkat dapat menyebabkan Layar Hitam. Masalah ini biasanya berupa kerusakan fisik pada konsol atau TV.
  • Terkadang, PS5 tidak keluar dari mode istirahat dengan benar dan akan menampilkan layar hitam.
Ini adalah masalah paling umum yang diketahui menyebabkan layar hitam pada konsol PS5. Sekarang, mari kita lihat cara memperbaikinya.

Periksa TV atau Monitor Kamu

Sebelum Kamu mencoba perbaikan yang lebih rumit, periksa apakah TV atau monitor Kamu berfungsi dengan baik.  Hal ini terutama penting jika konsol PS5 menampilkan layar hitam tetapi suaranya tidak terpengaruh.  Jika Kamu melihat logo PlayStation sebelum layar menjadi gelap, TV atau monitor Kamu berfungsi dan Kamu dapat melanjutkan pemecahan masalah.

Tetapi jika tidak ada logo PS yang ditampilkan, namun konsol Kamu berfungsi (Kamu dapat melihat lampu biru berkedip di dalamnya), maka Kamu harus memeriksa apakah perangkat tampilan Kamu masih berfungsi.  Colokkan konsol lain atau komputer, kembali ke mode TV, atau streaming device.

Jika tampilan Kamu berfungsi dengan perangkat lain, tetapi tidak dengan PlayStation 5, Kamu akan tahu bahwa kesalahannya bukan pada TV atau monitor Kamu.

Periksa Koneksi HDMI

Koneksi HDMI adalah salah satu alasan utama pengguna mengalami layar hitam dengan atau tanpa suara, atau gangguan layar hitam berulang.  HDMI bertanggung jawab atas output video dan audio, dan itulah mengapa Kamu mungkin mendengar suara atau tidak saat mengalami layar hitam.

Koneksi HDMI yang tidak tepat dapat terjadi di kedua sisi, baik di konsol maupun di TV.  Itulah mengapa Kamu perlu memeriksa kedua port HDMI, serta keutuhan kabelnya.  Pertama, cabut kabel HDMI dari TV dan konsol lalu pasang kembali.  Pastikan kabel terpasang dengan benar dan kuat di kedua port.

Sementara itu, saat kabel dicabut, periksa apakah ada titik putus atau kerusakan fisik.  Kamu juga dapat menghubungkannya ke perangkat lain untuk melihat apakah kabel tersebut berfungsi.  Jika tidak, Kamu perlu mengganti kabel HDMI.

Terakhir, beberapa TV memiliki beberapa port HDMI.  Coba alihkan kabel dari satu port ke port lain dan lihat apakah ini membantu menyelesaikan masalah layar hitam. 

Cabut Semua Perangkat Lain yang Menggunakan Port HDMI TV

Beberapa TV diketahui menampilkan layar hitam jika ada beberapa perangkat yang terhubung ke port HDMI mereka secara bersamaan.  Ini bisa menjadi alasan mengapa PS5 Kamu mengalami masalah dalam menampilkan gambar di TV atau monitor Kamu.

Solusinya sederhana, cabut semua perangkat lain yang menggunakan port HDMI TV, dan biarkan hanya konsol PS5 yang terpasang.  Lihat apakah ini memperbaiki masalah.  Jika tidak, lanjutkan membaca.

Paksa Matikan Konsol PS5 Kamu

Jika konsol Kamu tidak bisa boot dengan benar, layar hitam bisa muncul setelah logo.  Dalam kasus lain, layar hitam dapat terjadi ketika PS5 Kamu memasuki mode istirahat dan macet di dalamnya.  Jika ini yang Kamu alami, Kamu harus memaksa PS5 Kamu untuk mati.  Begini caranya:
  • Nyalakan konsol PS5.
  • Saat konsol menyala, tekan dan tahan tombol daya hingga Kamu mendengar dua bunyi bip. Kamu harus menunggu bunyi bip kedua sekitar 7 detik setelah bunyi bip pertama.

Panduan Lengkap, Cara Mengatasi Layar Hitam PS5
Source: online-tech-tips.com

  • Lepaskan tombol daya pada PS5 Kamu setelah bunyi bip kedua dan tunggu 5 hingga 10 menit agar konsol mendingin.
  • Nyalakan kembali konsol dan lihat apakah konsol bisa boot dengan benar.

Matikan dan Nyalakan Kembali Konsol dan TV

Mematikan dan menyalakan kembali (power cycle) tidak lain adalah soft reset.  Hal ini dapat memperbaiki banyak masalah yang mungkin Kamu alami dengan konsol PS5 Kamu, termasuk tampilan layar hitam pekat.  Mematikan dan menyalakan kembali konsol Kamu tidak akan memengaruhi file, aplikasi, dan game Kamu.  Berikut cara melakukannya:
  1. Matikan konsol Kamu. Tekan dan tahan tombol daya hingga lampu putih berhenti berkedip.
  2. Cabut kabel daya dari konsol dan stopkontak. Ingatlah bahwa langkah ini sangat penting. Jika Kamu melewatkannya, Kamu tidak benar-benar mematikan dan menyalakan kembali konsol Kamu.
  3. Tunggu sekitar satu atau dua menit sebelum memasang kembali kabel ke konsol dan stopkontak.
  4. Nyalakan konsol PS5 Kamu.

Jika Kamu menduga masalahnya ada pada TV Kamu, bukan konsol Kamu, Kamu juga dapat mematikan dan menyalakan kembali TV Kamu.  Matikan TV, cabut kabel dari stopkontak, dan tunggu satu atau dua menit sebelum memasang kembali kabel dan menyalakan TV.

Boot dan Perbaiki Konsol dalam Safe Mode

Booting konsol PS5 dalam safe mode akan memungkinkan Kamu untuk memperbaiki berbagai masalah yang mungkin Kamu alami.  Safe mode sangat berguna ketika konsol tidak responsif, dan Kamu tidak dapat mengakses dashboard untuk mengubah pengaturan dan konfigurasi.


Untuk boot konsol Kamu dalam Safe Mode:
  1. Tekan tombol daya pada panel depan untuk mematikan PS5 Kamu.
  2. Saat konsol mati, tekan dan tahan tombol daya dan lepaskan hanya setelah bunyi bip kedua.
  3. Hubungkan controller dengan kabel USB. Kabel pengisian daya sangat penting di sini.
  4. Tekan tombol logo PS pada controller Kamu untuk masuk ke safe mode.

Setelah Kamu berada di safe mode, ada beberapa hal yang dapat Kamu lakukan untuk mengatasi masalah Layar Hitam. Mari kita lihat satu per satu.

Restart PS5 dalam Safe Mode

Setelah berada di menu Safe Mode, pilih Restart PS5 dan tunggu konsol booting.
Jika Kamu masih mengalami layar hitam, periksa apa lagi yang dapat Kamu lakukan dalam safe mode.

Ubah Resolusi Output PS5

Jika TV Kamu tidak mendukung resolusi output video yang dipilih dalam konsol PS5 Kamu, TV tidak akan menampilkan apa pun.  Kamu dapat mengubah resolusi output ke resolusi yang sesuai untuk model TV Kamu dalam Safe Mode.
  1. Di Menu Safe Mode pilih Change Video Output.
  2. Pilih Change Resolution pada layar berikutnya.
  3. Konsol akan menampilkan pesan bahwa konsol akan restart. Pilih OK.
  4. Ketika restart selesai, Kamu dapat memilih resolusi baru. Pastikan resolusi tersebut didukung oleh TV Kamu.

Kembalikan Pengaturan Default

Terkadang, masalah layar hitam pada PS5 disebabkan oleh masalah perangkat lunak atau pengaturan konsol.  Memulihkannya ke pengaturan pabrik biasanya dapat menyelesaikan masalah ini.  Semua pengaturan dan konfigurasi yang mungkin Kamu simpan akan hilang.  Namun, semua file, aplikasi, dan game akan tetap berada di konsol Kamu.

Setelah Kamu berada di menu Safe Mode, pilih Restore Default Settings. Konsol akan melakukan sisanya secara otomatis, dan Kamu tidak perlu melakukan apa pun selain bersabar.

Defrag atau Rebuild Database

Masalah dengan database PS5 juga dapat menyebabkan layar hitam muncul.  Itulah mengapa Kamu perlu mendefrag, yang lebih dikenal sebagai Clear Cache and Rebuild Database.  Untuk melakukannya:
  1. Pilih Clear Cache and Rebuild Database dari menu Safe Mode.
  2. Pilih Rebuild Database pada layar berikutnya.
  3. Tunggu hingga konsol PS5 Kamu menyelesaikan prosesnya. Ini harus menyelesaikan masalah layar hitam tetapi juga membuat konsol game Kamu bekerja lebih cepat.

Perbarui Perangkat Lunak Sistem

Bug perangkat lunak adalah hal yang umum terjadi pada konsol game.  Itulah mengapa Kamu harus memperbarui perangkat lunak sistem pada PS5 Kamu secara teratur.  Hal ini membantu menyingkirkan bug dan gangguan potensial yang dapat menyebabkan berbagai masalah.

Ikuti langkah-langkah ini untuk memperbarui perangkat lunak sistem PS5 Kamu:
  1. Setelah berada di menu Safe Mode, gunakan controller Kamu dan pilih opsi Update System Software.
  2. Kemudian pilih untuk memperbarui dari USB drive atau Internet.
  3. Setelah Kamu memilih ini, ikuti petunjuk di layar untuk mengunduh dan menginstal pembaruan.

Reset Konsol PS5 dalam Safe Mode

Banyak pengguna mengklaim bahwa melakukan reset PS5 dari menu Safe Mode membantu mereka menghilangkan masalah layar hitam.

Namun, jika Kamu melakukan Reset PS5, Kamu akan kehilangan semua file, game, dan aplikasi yang disimpan di perangkat Kamu.  Inilah sebabnya mengapa opsi ini harus menjadi hal terakhir yang Kamu coba untuk memperbaiki masalah Layar Hitam pada PS5.


Untuk melakukan reset PS5:
  1. Setelah berada di menu Safe Mode, pilih opsi Reset PS5. Ini adalah nomor 6 pada daftar.
  2. Pada layar berikutnya, konfirmasikan bahwa Kamu ingin melakukan reset.
  3. Setelah reset selesai, masalah Layar Hitam Kamu seharusnya hilang.

Gunakan Mode Troubleshooting PS5 untuk Memperbaiki Konsol

Jika Kamu tidak ingin melalui opsi Safe Mode dan memecahkan masalah sendiri, Kamu dapat memaksa konsol Kamu untuk masuk ke mode troubleshooting dan mencoba menyelesaikan masalah.  Begini caranya:
  1. Nyalakan konsol PS5 Kamu.
  2. Saat Logo PS ditampilkan, cabut konsol dari stopkontak.
  3. Saat Kamu menghidupkan perangkat berikutnya, perangkat akan secara otomatis masuk ke mode troubleshooting paksa.
  4. Tunggu hingga konsol menemukan dan menyelesaikan masalah.

Ganti Mode Gambar di TV

Jika masalah Layar Hitam Kamu dimulai setelah pembaruan konsol, Kamu harus mencoba mengubah Mode Gambar di TV Kamu.  Banyak pengguna melaporkan bahwa metode ini membantu mereka menghilangkan layar hitam.

Model TV yang berbeda, seperti Samsung, LG, Sony, atau Vizio menawarkan mode gambar yang berbeda. Kamu dapat beralih antara mode Movie, Sports, Vivid, Dynamic, Game, atau Standard. Masing-masing mode ini memiliki pengaturan berbeda untuk fitur yang berbeda yang ditawarkan model TV Kamu.

Beralihlah melalui Mode Gambar yang berbeda sampai Kamu menemukan mode yang kompatibel dengan Konsol PS5 Kamu.

Hubungi Dukungan Sony

Jika tidak ada metode di atas yang membantu Kamu menghilangkan layar hitam di konsol PS5 Kamu, saatnya menghubungi Dukungan Sony.  Kamu mungkin mengalami masalah perangkat keras seperti GPU yang rusak.  Jika ini masalahnya, Kamu memerlukan dukungan teknis.

Gunakan garansi Kamu untuk memperbaiki konsol Sony PlayStation Kamu tanpa biaya.  Namun, bersabarlah karena mungkin perlu beberapa minggu untuk memperbaiki atau mengganti konsol.  Kunjungi halaman web layanan PlayStation resmi untuk mendapatkan otorisasi pengembalian dan instruksi pengiriman, atau hubungi 1-800-345-7669.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama